Rangkuman Uraian di bawah ini dimaksudkan untuk mempermudah dan mempercepat anda mempelajari / mengetahui seluruh informasi tentang Program Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) Universitas Pandanaran Semarang, seperti berikut ini.
Penerimaan / Pendaftaran Mahasiswa Baru Program D-III (D3) Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) Universitas Pandanaran Semarang
Penerimaan / Pendaftaran Mahasiswa Baru diadakan SETIAP SEMESTER
Rangkuman Uraian tentang Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) Universitas Pandanaran Semarang serta Pendaftaran Semester Ganjil Tahun 2025/2026 seperti di bawah ini.
Tempat Kuliah di Kampus Universitas Pandanaran Semarang - Universitas Pandanaran Semarang
Program ini diselenggarakan Universitas Pandanaran Semarang untuk melaksanakan KOMITMEN SOSIAL, dengan memberi kesempatan kepada seluruh masyarakat, baik yang memiliki waktu luang terbatas maupun dana terbatas untuk melanjutkan pendidikannya ke Program D-III (D3) Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) Universitas Pandanaran Semarang secara layak dan bermutu.
TIDAK ADA UJIAN NEGARA, sama dengan PTN.
DAFTAR ISI
Cara Cepat + langsung ke Halaman Isi - Silakan Klik di bawah ini :
langsung dilakukan di Kampus Universitas Pandanaran Semarang (Sekretariat P2K) atau diwakilkan.
▴
Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) dilaksanakan SETIAP SEMESTER. Untuk Semester Ganjil Tahun 2025/2026, jadwal pendaftarannya sbb :
Pendaftaran
Gelombang
Ganjil 2025/2026
I II III
1 Okt 2025 - 31 Jan 2026 1 Feb - 31 Mei 2026 1 Juni - 30 Sep 2026
Catatan Penting : Gelombang II dan III dibuka bila kapasitas masih memenuhi
Mengisi Formulir Pendaftaran dan Jadwal Pembayaran Angsuran Biaya Pendidikan
▴
Pengisian Formulir Pendaftaran dan Jadwal Pembayaran Angsuran Biaya Pendidikan dapat dilakukan secara online. Silakan Klik di Sini
▴
Membayar Biaya pendaftarannya Rp 100.000,-
▴
Untuk Lulusan SMU/SMK/SLTA Sederajat: » Menyerahkan Foto Copy Ijazah/STTB yang dilegalisir Asli 2 lembar. » Menyerahkan Foto Copy Nilai/NEM/SKHU yang dilegalisir Asli 2 lembar. » Surat Keterangan Kerja (Khusus Bagi yang baru lulus sekolah).
▴
Untuk Lulusan S1/D3/D2/D1 : » Menyerahkan Foto Copy Ijazah dan Transkrip Nilai yang dilegalisir Asli 2 lembar.
▴
Untuk Mahasiswa Pindahan: » Menyerahkan Foto Copy Ijazah/STTB SLTA yang dilegalisir Asli 2 lembar. » Menyerahkan Transkrip Nilai dari Kampus Asal yang dilegalisir Asli 2 lembar. » Surat Keterangan Pindah (Dari Kampus Asal).
▴
Menyerahkan Pasfoto terakhir ukuran 2 x 3 (5 lembar) 3 x 4 (5 lembar) dan 4 x 6 (2 lembar) - dapat menyusul.
▴
Membawa Materai Rp 10.000 (1 buah).
Catatan (Penjelasan) :
▴
Untuk Ijazah/STTB/Transkrip Nilai, saat pendaftaran cukup foto copy-annya saja. Nanti setelah melakukan herregistrasi untuk menjadi mahasiswa, barulah melengkapinya dengan dokumen yang sudah dilegalisir.
▴
Formulir Pendaftaran Program Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) Universitas Pandanaran Semarang dan Form lainnya dapat diperoleh secara GRATIS di Sekretariat P2K Universitas Pandanaran Semarang atau Sekretariat P2K PTS lain Penyelenggara Resmi P2K, atau dapat diminta secara GRATIS melalui layanan info 17 jam, atau dapat melalui pendaftaran online Universitas Pandanaran Semarang.
Beban studi dan masa studi yang harus ditempuh mahasiswa program reguler maupun Kelas Karyawan (Hybrid / Blended), mengikuti standar yang sudah ditetapkan pemerintah, yaitu : Permendikbudristek Nomor 53 Th 2023 (silakan klik) tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.
Untuk
Beban Studi (SKS yang ditempuh)
Masa Studi
Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat melanjutkan ke D-III
Beban Studi = 110 - 114 sks
6 semester
Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat melanjutkan ke S1
Beban Studi = 144 - 152 sks
8 semester
Lulusan D3, Politeknik, sederajat melanjutkan ke S1
Beban Studi = 40 - 46 sks (Bila tidak sebidang ilmu ada Tambahan 2 - 21 sks)
Sesuai UU-RI No.20 Th.2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) pada Pasal 19 ayat (2) bahwa "Pendidikan Tinggi diselenggarakan dengan Sistem Terbuka". Dalam penjelasan UU-RI tsb ditulis : "Pendidikan dengan sistem terbuka adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan fleksibilitas pilihan dan waktu penyelesaian program lintas satuan dan jalur pendidikan (multi entry-multi exit system). Peserta didik dapat belajar sambil bekerja, atau mengambil program-program pendidikan pada jenis dan jalur pendidikan berbeda secara terpadu dan berkelanjutan .... dst." (Download Undang-Undang SISDIKNAS (54 kb)).
Penjadwalan kuliahnya berkualitas, waktu kuliah dapat dipilih, perkuliahan tidak menjenuhkan, tidak mengganggu jadwal kerja mahasiswa yang sudah bekerja, dan mahasiswa masih memiliki waktu luang untuk berlibur/istirahat atau melaksanakan hal lainnya (tidak menghabiskan seluruh waktu luangnya untuk kuliah).
Bagi mahasiswa yang bekerja dengan sistem shift (pergantian waktu), tetap dapat mengikuti perkuliahan dengan baik. Karena sistem pendidikannya diadakan secara profesional dengan mengintegrasikan Kelas Karyawan dan Program Reguler, sehingga bagi mahasiswa yang bekerja dengan sistem shift (pergantian waktu) dapat mengikuti kuliah di program lainnya dengan mekanisme tertentu.
Catatan :
▴
Untuk lebih jelasnya mengenai waktu kuliah (penjadwalan kuliah), dapat ditanyakan melalui Layanan Informasi 17 Jam atau dapat ditanyakan langsung di Sekretariat Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) Universitas Pandanaran Semarang.
Universitas Pandanaran Semarang - Universitas Pandanaran Semarang Kampus : Jl. Banjarsari Barat No.1, Pedalangan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50268
Tamatan/lulusan serta mhs Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) begitu pula Program Kuliah Reguler Universitas Pandanaran Semarang memiliki Ijazah, Status, Hak Akademik, dan Gelar yg sama.
▴
Tamatan/lulusan P2K Universitas Pandanaran Semarang memiliki gelar berdasarkan jenjang pendidikan dan jurusan/keilmuannya, dan memiliki hak memakai gelarnya serta memiliki hak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yg lebih tinggi.
▴
Ijazah serta Transkrip Akademik (Transkrip Nilai) Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) serta Program Kuliah Reguler adalah SAMA. Dan pada Ijazah begitu pula Transkrip terkait, tidak tertulis apakah Tamatan/lulusan P2K ataukah Tamatan/lulusan Kelas Reguler. Sebab P2K merupakan Program Kuliah Reguler dgn jadwal pendidikan tinggi serta peserta pendidikan tinggi yg berbeda.
Tamatan/lulusan Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) Universitas Pandanaran Semarang juga diberikan bekal kesanggupan untuk memanfaatkan teknologi informasi serta komunikasi untuk kebutuhannya, diperlengkapi ilmu, etika akademik dan profesi, kesanggupan dan keterampilan untuk mengelola tim/organisasi secara luas pada bidang yg berdasarkan kelompok ilmunya, kesanggupan bekerjasama di dalam tim, kesanggupan memahami pengetahuan terhadap etika, sekaligus diberikan bekal kesanggupan memahami pengetahuan disesuaikan dgn keilmuannya.
▴
Bagi mhs kelas karyawan (hybrid / blended) yg kerja dng sistem pertukaran waktu / shift, tetap dapat mengikuti pendidikan tinggi dgn baik. Sebab sistem pendidikannya dilaksanakan dgn profesional dng mengintegrasikan antara Program Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) serta Program Kuliah Reguler, oleh sebab itu bagi mahasiswa/i yg kerja dng sistem pertukaran waktu / shift bisa mengikuti pendidikan tinggi di program lainnya dgn tata cara tertentu.
▴
Tamatan/lulusan Program Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) Universitas Pandanaran Semarang memiliki kesanggupan melakukan keragaman penelitian dasar begitu pula terapan; mampu meninggikan kajian-kajian teoritis konsepsional mutakhir; memiliki kesanggupan profesional dan cara pandang yg luas, serta kesanggupan penguasaan teori yg kuat sekaligus aplikasinya; serta mampu meninggikan sikap mental profesional yg berorientasi pada penuntasan problematik mendasarkan alur berpikir-sistem.
▴
Sistem pendidikannya dilaksanakan dng ketrampilan (keterampilan) tinggi serta sangat layak bagi karyawan yg sibuk dng kerjanya begitu pula bagi yg belum kerja. Selain perkuliahan tatap muka, juga memanfaatkan beraneka metode efektif melalui tugas khusus perorangan terarah, tugas kelompok yg komunikatif, serta diakhiri dng bimbingan pengerjaan tugas akhir / proyek akhir yg terarah, terprogram dan terjadwal sehingga mhs dapat menyelesaikan pendidikan tinggi tepat pada waktunya (sesuai masa studi).
▴
Dgn melalui tata cara tertentu, jikalau mhs kelas karyawan (hybrid / blended) yg sudah kerja menerima tugas kerja lembur, atau kerja dng sistem pertukaran waktu / shift, atau tugas ke luar kota/negeri, mhs terkait diizinkan tidak hadir di kuliah dalam beberapa pertemuan.
▴
Kurikulumnya mendasarkan Sistem Kredit Semester, serta mutu kurikulumnya didesain sedemikian rupa di samping mendasarkan pada Kurikulum Nasional (Kurikulum Inti), juga mendasarkan perkembangan pengetahuan, teknologi, dan seni, dan terhadap kebutuhan melanjutkan ke pendidikan tinggi dgn jenjang lebih tinggi serta profesionalitas dunia kerja.
▴
Tamatan/lulusan Program D-III (D3) Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) Universitas Pandanaran Semarang juga mampu aktif berperan-serta pada kelompok kerja; mampu berkomunikasi dgn para pakar pada bidang keahlian yg heterogen serta memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yg ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit usaha mandiri disesuaikan dng keilmuannya, mampu mengikuti perkembangan baru di keilmuannya, menyelenggarakan penelitian, atau mengikuti jurusan di tingkat lebih lanjut.
▴
Tamatan/lulusan Program D-III (D3) Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) Universitas Pandanaran Semarang memiliki kesanggupan di dalam hal memutuskan solusi problematik sekaligus meninggikan pengetahuannya. Hal ini karena tamatan/lulusan Program D-III (D3) Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) Universitas Pandanaran Semarang disiapkan untuk menjadi Ahli Madya disesuaikan dng jurusannya, yg dapat mempertinggi kemampuan dirinya dgn pembekalan pengetahuan, teknologi, dan seni.
▴
Kompetensi tamatan/lulusannya di dalam hal menangani tiap problematik, mampu mengungkap struktur serta inti masalah serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penuntasannya; mengetahui dan bisa memanfaatkan kegunaan teknologi informasi; dapat memanfaatkan ilmu; cakap serta terampil berdasarkan kelompok ilmunya; bisa memecahkan problematik secara logika, memanfaatkan data/informasi yg diadakan; dapat memakai konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yg tidak/kurang jelas; mampu mandiri di dalam kerja dan berupaya.
▴
Bagi mahasiswa/i kelas karyawan (hybrid / blended) yg tidak lulus suatu mata kuliah, dapat mengambil kembali mata kuliah terkait di semester/tahun berikutnya tanpa ditarik biaya tambahan.
▴
Kompetensi dasar tamatan/lulusan Program D-III (D3) Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) Universitas Pandanaran Semarang adalah mempunyai mutu serta integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis begitu pula moral; mampu menyesuaikan diri dng perubahan-perubahan; menyadari bahwa pengetahuan senantiasa maju dan berkembang; mampu menelusuri serta mengambil informasi ilmiah; mengetahui cara dan dapat senantiasa belajar.
▨ Apa saja yg menciptakan Universitas Pandanaran Semarang Hebat
Pada Program Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) di Universitas Pandanaran Semarang memiliki kelebihan-kelebihan, beberapa diantaranya adalah :
▴
Kurikulum program kelas karyawan (hybrid / blended) Universitas Pandanaran Semarang serta proses belajar-mengajarnya didesain sedemikian rupa memakai Sistem Kredit Semester yg dilaksanakan dgn profesional dan sangat layak bagi karyawan, sehingga mahasiswa/i kelas karyawan (hybrid / blended) yg sibuk kerja tetap bisa menyelesaikan pendidikan tinggi tepat waktu sesuai masa studinya.
▴
Guru besar (dosen) di Program Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) Universitas Pandanaran Semarang merupakan dosen yg profesional dalam keilmuannya.
▴
Jadwal pendidikan tinggi Program Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) Universitas Pandanaran Semarang bermutu, tidak jenuh, tidak mengganggu jadwal kerja bagi yg sudah kerja, serta mahasiswa/i kelas karyawan (hybrid / blended) masih memiliki waktu luang untuk berlibur/istirahat, dan lain-lain.
▴
Seluruh jurusan di Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) Universitas Pandanaran Semarang, tidak ada ujian negara (sama dengan PTN).
▴
Apabila tidak lulus suatu mata kuliah, mahasiswa/i kelas karyawan (hybrid / blended) dapat mengulang di semester/tahun berikutnya tanpa ditarik biaya tambahan.
▴
Tamatan/lulusan serta mhs Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) begitu pula Kelas Reguler mempunyai Ijazah, Status, Hak Akademik, dan Gelar yg sama.
▴
Terpercaya serta terbaik di dlm pelaksanaan Kelas Karyawan (Hybrid / Blended), serta sudah memenuhi dua syarat paling penting untuk pelaksanaan program ini, adalah :
Waktu kuliah, jadwal pelajaran, sistem pendidikan tinggi, dan lain-lain, sudah mengikuti yg dibutuhkan oleh dunia kerja
Dilaksanakan sesuai dng norma akademik (sudah memenuhi aturan perundangan).
▴
Lokasi Kampus Universitas Pandanaran Semarang sangat mudah ditempuh, baik memakai kendaraan/angkutan pribadi begitu pula transportasi umum.
Pada seleksi dan pendaftaran mahasiswa baru diterapkan sistem OSS (One Stop Service), sehingga berkualitas dan memberikan layanan cepat dan terbaik kepada masyarakat (calon mahasiswa baru). Dengan diterapkannya sistem ini, maka sistem seleksinya dapat langsung dilakukan bersamaan saat pendaftaran mahasiswa baru. Atau jadwal seleksi/wawancaranya dapat ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa seperti berikut ini.
▴
Seleksi/wawancara dan pendaftaran dapat langsung di Kampus Universitas Pandanaran Semarang (Sekretariat P2K), atau dapat melalui (via) telepon, fax, surat (POS), atau internet.
▴
Jadwal Seleksi/Wawancara ditentukan sendiri oleh Calon Mahasiswa, atau dapat langsung dilakukan bersamaan pada saat pendaftaran.
▴
Tidak diperlukan persiapan khusus untuk mengikuti seleksi/wawancara, justru lebih baik jika apa adanya saja.
▴
Hasil wawancara langsung diberitahukan ke calon mahasiswa, saat selesai wawancara.
▴
Seleksi calon mahasiswa kelas karyawan (hybrid / blended) Universitas Pandanaran Semarang berupa wawancara yang dilakukan sekaligus, yaitu Wawancara Akademik, Wawancara Finansial/Keuangan, serta Wawancara Adminsitrasi dan Marketing.
✌
Wawancara Akademik, untuk mengetahui perlu/tidaknya diberikan tambahan pengetahuan dasar, sehingga nantinya mampu menyelesaikan studi tepat pada waktunya. Jadi calon mahasiswa tidak perlu mempersiapkan diri secara khusus untuk wawancara akademik tersebut (justru lebih baik apa adanya saja).
✌
Wawancara Finansial, untuk mengetahui kemampuan finansial calon mahasiswa, apakah nantinya dalam membayar biaya pendidikan perlu diberikan kredit tanpa bunga sehingga dapat mengangsur sesuai kemampuannya atau harus langsung membayar lunas.
✌
Wawancara Administrasi & Marketing, untuk mengetahui kemampuan melengkapi dokumen lainnya, kegiatannya selama ini serta rencana yang akan datang, waktu luangnya, minat melanjutkan studi di Universitas Pandanaran Semarang, kemampuannya menjaga citra Universitas Pandanaran Semarang, dan sebagainya.
Universitas Pandanaran Semarang merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi Swasta yg sudah diuji serta terakreditasi yg memiliki KOMITMEN SOSIAL serta merupakan kepunyaan masyarakat yg senantiasa mendahulukan pentingnya mutu pendidikan tingginya. Salah satu cara Universitas Pandanaran Semarang di dalam hal mewujudkan KOMITMEN SOSIAL-nya adalah membantu masyarakat di dalam hal membayar uang studinya, yaitu dgn memberikan fasilitas untuk kemudahan mencicil uang studi, sehingga uang kuliahnya dapat diangsur berdasarkan kemampuan calon mhs baru.
Selain itu juga memberikan beasiswa kepada yg sesungguhnya tidak mampu dlm hal finansial/keuangan.
Universitas Pandanaran Semarang membuat uang studinya hanya terdiri dari 2 komponen, yaitu :
1. Sumbangan Pengembangan (SPb) atau Uang Pangkal
Sumbangan Pengembangan ini dapat diangsur sesuai masa studinya, yaitu dapat diangsur sampai : » 48 kali untuk lulusan SMA, SMK, D1, sederajat melanjutkan ke S1 » 18 kali untuk lulusan D3/Poltek/sederajat melanjutkan ke S1 -->Dengan : » pembayaran minimal pertama = Rp 100.000 untuk melanjutkan dari SMU ke D3 dan S1 Dan sisanya dijadwalkan sendiri sesuai tabel angsuran di bawah ini.
2. Sumbangan Pendidikan Persemester (SPP)
Dalam SPP ini sudah termasuk BPP Pokok, uang SKS, uang ujian, dan uang praktikum setiap semesternya. Berapapun jumlah SKS yang diambil dalam suatu semester, SPP nya tidak berubah. SPP ini setiap semesternya dapat diangsur beberapa kali, yaitu maksimal diangsur 6 kali (1 semester = 6 bulan) dengan : » pembayaran minimal pertama = Rp 700.000 untuk SMU melanjutkan ke S1 Teknik Mesin dan Akuntansi » pembayaran minimal pertama = Rp 600.000 untuk SMU melanjutkan ke S1 Teknik Mesin dan Akuntansi » pembayaran minimal pertama = Rp 600.000 untuk SMU melanjutkan ke S1 Kewirausahaan » pembayaran minimal pertama = Rp 600.000 untuk SMU melanjutkan ke D3 Dan sisanya dijadwalkan sendiri sesuai tabel angsuran di bawah ini.
Total Pembayaran Pertama
Total Pembayaran Pertama = SPb ke 1 + SPP ke 1 + Jaket Almamater dan lain-lain : » Rp (100.000 + 700.000 + 150.000) = Rp 950.000 untuk melanjutkan ke S1 Manajemen dan Arsitektur » Rp (100.000 + 600.000 + 150.000) = Rp 850.000 untuk melanjutkan ke S1 Teknik Mesin dan Akuntansi > » Rp (100.000 + 600.000 + 150.000) = Rp 850.000 untuk melanjutkan ke S1 Kewirausahaan> » Rp (100.000 + 600.000 + 150.000) = Rp 850.000 untuk melanjutkan ke D3
Dan Selanjutnya dikredit dgn angsuran sebagaimana tabel di bawah ini.
Tabel Angsuran Sumbangan Pengembangan (SPb) Program Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) Universitas Pandanaran Semarang
A.1.
Tabel Angsuran SPb di Universitas Pandanaran - Jurusan Manajemen dan Arsitektur
Untuk Lulusan SMA, SMK, sederajat melanjutkan ke Sarjana (S1)
Kami sangat berharap, bahwa Anda dapat turut memotivasi rekan kerja/keluarga/sahabat untuk meningkatkan kemampuan/kualifikasinya dengan melanjutkan studi, serta turut menginformasikan info ini.
Demikian, dan terima kasih sedalam-dalamnya telah membaca informasi ini serta kesediaan menyampaikan informasi.
Semoga hari ini Anda bahagia dan sukses selalu.
Salam hangat dan jabat erat, Kadept. Humas Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) Universitas Pandanaran Semarang
Tags: rangkuman, uraian, d3, hybrid, blended, kelas, karyawan, universitas, pandanaran, semarang, rangkuman uraian, kelas karyawan, pandanaran semarang, semarang secara layak, bermutu tidak, kampus, universitas pandanaran semarang, sekretariat p2k, membawa, materai rp 10, buah catatan, penjelasan, melanjutkan ke s1, beban studi, 40, 46 sks bila, tidak, mahasiswa, bekerja, sistem shift pergantian, waktu, kelasekstensi unpand, ip, kelas pengusaha, unpand, ita, program kuliah, wiraswasta unpand, singo, n, kuliah ekstensi, itu, perkuliahan, ekstensi, d3 teknik, lingkungan solo, beetle, d3 teknik mesin, kaliwungu